Sabtu, 16 Maret 2013

Kebaikan dari Mengunyah Permen Karet

Mengapa Fergie selalu mengunyah permen karet saat pertandingan ?


Ada sebuah penelitian mengenai permen karet dan kegunaan dari cara memakannya a.k.a mengunyah menurut para ilmuwan Inggris, penelitian sebelumnya menemukan bahwa mengunyah permen karet bisa meningkatkan konsentrasi ketika melakukan tes daya ingat berkaitan dengan penglihatan. Studi tersebut meneliti efek dari permen karet selama tes daya ingat berkaitan dengan pendengaran. Eksperimen ini melibatkan 38 orang yang dibagi menjadi dua grup.

Masing-masing mengerjakan tugas 30 menit yang melibatkan kemampuan mendengarkan sejumlah angka dari satu sampai sembilan dan dibaca secara keras secara acak. Partisipan juga dinilai mengenai akurasi dan kecepatan mereka dalam mendeteksi urutan angka genap-ganjil, seperti tujuh-dua-satu. Satu kelompok mengunyah permen karet saat mengerjakan tugas tersebut. Secara keseluruhan, partisipan yang mengunyah permen karet mempunyai reaksi yang lebih cepat dan lebih akurat hasilnya dibandingkan mereka yang tidak mengunyah permen karet. Hal ini benar khususnya pada akhir tugas, ungkap hasil studi yang dipublikasikan di British Journal of Psychology edisi 8 Maret 2013.
"Yang menarik, partisipan yang tidak mengunyah permen karet menunjukkan sedikit prestasi lebih baik pada awal tugas tetapi di akhir tugas tidak," ungkap Kate Morgan dari Cardiff University seperti dikutip situs Health Day edisi 8 Maret 2013. "Hal ini menunjukkan bahwa mengunyah permen karet membantu kita untuk fokus pada tugas yang membutuhkan monitoring dalam waktu yang cukup panjang."

Mungkin Fergie (sapaan Ferguson) menerapkan kebiasaan mengunyah permen karet supaya daya ingat dia tentang strategi yang digunakan saat melawan musuh bisa lama diingat. Mungkin sih ^_^.


Kenapa mengunyah bisa manambah daya ingat ?

Percaya atau tidak ternyata dengan mengunyah permen karet kita bisa menjadi lebih konsentrasi dalam belajar maupun mengerjakan tugas saat bekerja. Hal itu disebabkan karena ketika mengunyah permen karet rongga mulut melakukan gerakan menggigit berulang-ulang yang kemudian memperlancar aliran darah. Darah inilah yang membawa asupan oksigen ke otak dan menjadikan kita lebih berkonsentrasi.

Apalagi sih kegunaan dari mengunyah permen karet ?

Selain membuat daya ingat menjadi lebih baik, mengunyah permen karet mampu melakukan hal-hal baik lainnya seperti :

>> Menurunkan berat badan

Mengunyah permen karet dapat menbantu membakar kalori, terutama jika yang dipilih adalah permen karet yang bebas gula. Selain itu dengan mengunyah permen karet dapat mengontrol rasa lapar sehingga sangat baik bagi yang sedang melakukan diet.

>> Mengurangi stress dan membantu melepas tensi

Saat mengunyah permen karet otot menjadi tidak tegang dan melepaskan tensi serta membantu anda merasa nyaman dari kondisi stress.

>> Baik untuk pencernaan (Meningkatkan motilitas usus)

Ketika mengunyah permen karet, anda akan mengeluarkan banyak liur dan membuat kita sering menelan. Air liur yang turun kedalam perut akan mencegah terjadinya asam lambung.

>> Mengencangkan kulit wajah

Nah ini dia yang ditunggu-tunggu para wanita. Hasil penelitian seorang ahli dari Amerika, mengunyah permen karet setiap hari selama 15menit dapat bermanfaat bagi kecantikan. Saat mengunyah, otot-otot wajah kita bergerak hal ini dapat mengencangkan kulit wajah sehingga memperlambat keriput diwajah.

Ohh, jadi banyak juga ya kegunaan dari mengunyah permen karet, tapi perlu diingat sesuatu yang berlebihan apalagi bersifat manis, bisa menyebabkan kerusakan pada gigi,, mungkin Fergie makan permen karet bebas gula ^_^


Sumber :
http://ourdhesyu.wordpress.com/2012/05/23/manfaat-dan-kerugian-mengunyah-permen-karet/
http://www.tempo.co/read/news/2013/03/12/060466477/Permen-Karet-Bantu-Konsentrasi-Otak

Tidak ada komentar: