Senin, 29 September 2014

Pengantar Telematika


Nama               :           Ronny Ardi
Kelas               :           4KA42
NPM                :          16111453
Mata Kuliah    :           Pengantar Telematika



1.             Pengertian Telematika

Berikut ini adalah beberapa pengertian dari Telematika berdasarkan beberapa sumber :

a.           Telematika berasal dari bahasa Perancis yaitu “Telematique yang dipopulerkan pertama kali pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya yang berjudul L'informatisation de la Societe).

b.           Telematika menurut pengantar MK. Hukum Telematika FH UI ialah istilah yang merujuk pada perkembangan konvergensi antara teknologi telekomunikasi, media, dan informatika yang semula masing-masing berkembang secara terpisah. Konvergensi telematika kemudian dipahami sebagai sistem elektronik berbasiskan digital atau the net.

c.           Telematika menurut Kerangka Kebijakan Pengembangan dan Pendayagunaan Telematika di Indonesia. Teknologi Telematika merupakan singkatan dari teknologi komunikasi, media, dan Informatika. Senada dengan pendapat pemerintah, TELEMATIKA diartikan sebagai singkatan dari TELE= telekomunikasi, MA = multimedia, dan TIKA = informatika.

d.           Mengacu kepada penggunaan dikalangan masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL):
Telematika berarti perpaduan atau pembauran (konvergensi) antara teknologi informasi (teknologi komputer), teknologi telekomunikasi, termasuk siaran radio maupun televisi dan multimedia.

e.           Secara umum, istilah Telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).

f.         Secara lebih spesifik, istilah Telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).


2.            Penjelasan dari beberapa pengertian pada poin 1 yaitu :

a.           Telematika adalah perpaduan antara teknologi informasi yang disandingkan dengan sistem jaringan komunikasi sehingga menghasilkan sarana komunikasi jarak jauh.

b.           Telematika yaitu kemampuan dalam mengirim sejumlah besar informasi dalam sekejap, dengan jangkauan yang jauh dan luas.

c.           Telematika ada yang bersifat umum / online dan ada pula yang hanya untuk lingkungan kelompok tertentu / intranet.


3.           Contoh penerapan telematika ada pada e-learning yaitu sebagai sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya.

Kelebihan :

a.            Mengurangi biaya pembangunan sebuah kelas, menghilangkan biaya perjalanan untuk pelatihan.
b.           Mudah dicapai yaitu dengan menggunakan aplikasi e-learning dimanapun selama pengguna terhubung dengan internet maka mampu mengikuti kegiatan belajar.
c.           Pengalaman sistem belajar dimana siswa akan mandiri dan berusaha memilih sendiri peralatan yang digunakan untuk penyampaian belajar mengajar, serta pengumpulan materi-materi yang digunakan untuk menunjang kebutuhan kegiatan belajar.
d.           Berubahnya peran siswa dari yang pasif menjadi aktif.

Pemanfaatan e-learning dalam sistem pembelajaran juga tidak luput dari kekurangan.

Kekurangan :

a.            Kurangnya interaksi antara pengajar dan siswa bahkan antara siswa itu sendiri.
b.           Siswa yang tidak memiliki motivasi dalam belajar akan cenderung gagal.
c.            Kurangnya pemahaman beberapa peserta didik maupun pengajar dalam penguasaan Bahasa komputer.
d.           Tidak semua tempat tersedia internet.


4.           Saran
  
Penggunaan telematika sangat berguna diantaranya dalam bidang administrasi pemerintahan (e-government), transaksi perdagangan (e-commerce) dan pendidikan jarak jauh dengan media internet (e-learning) seperti contoh diatas. Penggunaan yang tepat guna mampu memaksimalkan peran dari telematika tersebut. Tepat guna disini adalah pemanfaatan yang maksimal dan tidak terkesan memaksakan, penggunaan e-learning sebaiknya dilakukan pada materi pelajaran tertentu seperti halnya pada materi pelajaran pelengkap (misal diskusi soal matematika) atau pelajaran pengganti (misal pelajaran pengganti pelajaran di dalam kelas).



Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi
http://www.bangwildan.web.id/berita-152-apa-itu-telematika.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Telematika
http://pusber.com/2014/01/pengertian-telematika-kelebihan-dan-kekurangan/
http://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran_elektronik

Tidak ada komentar: