Gambaran
Umum
Automotive Multimedia
Interface Collaboration (AMI-C) dibentuk oleh produsen-produsen mobil pada
tahun 1999 yang berfokus pada standar mobile
information dan entertainment systems
AMI-C, Inc itu sendiri dibentuk pada
tahun 2001 untuk memberikan spesifikasi yang sudah divalidasi dalam kolaborasi dengan
pemasok industri
mengenai fokus diatas.
Kolaborasi antarmuka otomotif
multimedia (AMIC) tepatnya didirikan pada Oktober 1998 dengan tujuan untuk
mengembangkan satu set spesifikasi umum dari antarmuka multimedia untuk sistem
elektronik kendaraan bermotor guna mengakomodasi berbagai perangkat elektronik
berbasis komputer dalam kendaraan tersebut. Pencetusnya adalah Daimler
Chrysler, Ford, General Motors, Renault dan Toyota. Saat ini kelompoknya adalah
semua produsen mobil besar, dan dengan demikian memberikan kesempatan strategis
baru untuk mencapai suatu set umum persyaratan industri mobil sebagai dasar
untuk pemusatan pasar.
Kerangka AMI-C
Mobile Information &
Entertainment Systems
Gambar diatas menunjukkan sekumpulan komponen hardware dan
software yang digunakan untuk menyampaikan informasi dan hiburan untuk pengguna
kendaraan.
Note : telematika dan sistem multimedia termasuk.
Contoh penggunaan AMI-C pada
kendaraan
Pada gambar diatas penggunaan AMI-C dapat meliputi
aspek-aspek informasi yang dibutuhkan oleh pengendara seperti lokasi dari
tempat-tempat penting (pom bensin), kemudian aspek mobile information seperti
komunikasi kendaraan ke ponsel atau kendaraan ke kendaraan, dan sebagainya.
Gambar diatas menunjukkan fokus
kerjasama antara OSGI dan AMI-C dalam membangun sebuah sistem, dari gambar
tersebut dijabarkan fokus terletak pada navigasi multimedia yang tersusun rapi,
dari tersedianya infotainment application, tuner, CD player, consumer connector
port, dan banyak lagi.
Kelebihan
dari AMI-C
- Mampu menyediakan interface yang berstandar, karena kolaborasi sudah hampir diikuti oleh seluruh produsen mobil besar sehingga penerapan set sistem menjadi standar.
- Mampu menggantikan sistem elektronik yang ada dikendaraan lama ke sebuah sistem yang tidak hanya meliputi entertainment system namun juga mobile information.
- Memotong biaya penggunaan dari peralatan kendaraan (entertainment dan mobile information).
Kekurangan
dari AMI-C
- Harga jual kendaraan menjadi mahal karena sistem yang diciptakan hasil dari kolaborasi antar berbagai produsen.
- Media yang disajikan cukup banyak sehingga membutuhkan waktu untuk terbiasa dalam pengoperasiannya.
- Memperbesar kemungkinan kelalaian dalam menggunakan sistem tersebut sehingga berakibat kecelakaan.
Saran
AMI-C mampu menghadirkan suatu
pembeda dalam sistem elektronik yang ada pada kendaraan, kehadiran sistem ini
mampu membuat pengendara sangat terbantu, namun dilihat kembali dari segi
fungsional kendaraan itu sendiri, maka penggunaan yang berlebihan dari sistem
diluar fungsional kendaraan sangat membahayakan pengendara, diharapkan
penggunaan sistem diluar fungsional kendaraan tidak membuat pengendara
mengesampingkan aspek keselamatan dalam berkendara. Diyakini bahwa sistem akan
terus berkembang sehingga tingkat kelalaian pengguna kendaraan mampu
diminimalisir tanpa harus mengurangi sistem yang sudah ada.
Sumber
http://www.osgi.org/wiki/uploads/Congress2003/D2PMalhotraT21.ppt
http://www.consortiuminfo.org/links/linksdetail2.php?ID=1004
web.tongji.edu.cn/~yangdy/its/ERTICO/cmoba.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar