Senin, 28 Januari 2013

Belanja ONLINE jilid 2 (Rekber)


Setelah sukses belanja online Mokit dikaskus, masih belum membuat Saya nyaman untuk belanja online kembali, kali ini saya perlu memperkatikan kemungkinan terburuknya dalam transaksi online kali ini, karena barang yang saya beli terbilang mahal, yaitu HP. Saya coba pikirkan dengan cukup lama, kira-kira sekitar 1 bulan. Coba cari-cari penjual yang ramah dan menyakinkan, masih di forum Jual Beli Kaskus. Nyaris semua penjual HP merk tertentu, saya kirimi PM (private massage). Akhirnya jatuh pilihan saya ke penjual dari luar kota Jakarta, sang penjual berasal dari Cirebon.


Tawar-menawar ok. Berbeda dari belanja online sebelumnya, saya agak takut kena tipu karena status penjual yang belum berpredikat recsel (tidak selalu jadi patokan sih..), alhasil saya sepakat dengan penjual untuk gunakan jasa rekber (rekening bersama). Sistemnya sederhana, sipembeli mentransfer sejumlah uang yang sesuai dengan harga jual barang + biaya rekber kepada pemilik jasa rekber, kemudian pihak rekber memberi konfirmasi kepada si penjual bahwa pihak pembeli sudah mengirim sejumlah uang kepada dirinya yang kemudian meminta agar penjual mengirim barang kepada sipembeli sesuai dengan barang yang diinginkan, dan terakhir pihak rekber memberi uang jual barang tersebut ke penjual.

Untuk lebih jelasnya seperti ini :
Step 1, sebelumnya sudah terjadi kesepakatan antara pembeli dan penjual.
Pembeli  : Meminta bantuan jasa rekber.
Rekber    : Mencatat biodata si pembeli dan penjual (ID forum, nomor HP, alamat)
Penjual    : Mempersiapkan barang yang diinginkan penjual
Step 2, proses transaksi
Pembeli   : Mengirim sejumlah uang (harga barang) ditambah dengan biaya Jasa Rekber
Rekber    : Memberi info kepada penjual bahwa uang sudah ditransfer ke pihak rekber.
Penjual    : Mengirim barang kepada pembeli.
Step 3, proses akhir
Pembeli   : Menerima barang dari penjual, kemudian melakukan konfirmasi kepada pihak rekber.
Rekber    : Setelah mendapat info dari pembeli, bahwa barang sudah sampai dan sesuai dengan yang dijelaskan di forum, maka Pembeli meminta kepada rekber untuk memberikan uang penjualan barang sesuai dengan yang di Forum.
Penjual    : Menunggu kiriman dari rekber.

Terlihat memang butuh suatu kepercayaan untuk menggunakan jasa rekber ini, maka saya menggunakan jasa rekber terkenal di kaskus. Akhirnya HP yang saya beli sampai kepada saya dengan selamat dan si penjual mendapatkan haknya dengan benar tanpa kurang sedikitpun. Thanks to jasa Rekber. :D



Tidak ada komentar: