Kamis, 31 Januari 2013

Keuntungan komunikasi VSAT

1. Biaya lebih efektif
    Coba perhatikan ilustrasi berikut, jika kita ingin membuat sebuah koneksi internet di sebuah pulau terpencil, katakanlah di pulau Paling Utara Indonesia, jika menggunakan Radio kita harus membuat repeater terlebih dahulu, itupun tergantung dari seberapa jauh letak pulau itu terhadap pulau besar terdekat dan jika menggunakan Fiber Optik pun harus membutuhkan kabel yang cukup panjang dan sangat susah dalam instalasi. Jadi digunakanlah VSAT.


2. Mudah untuk diinstalasi
    Seperti diawal disampaikan, dalam menginstal sebuah antena VSAT sangatlah mudah, tergantung dari besar piringan Antena tersebut, sebut saja antena VSAT model offset dengan diameter 1.8 meter, Teknisi berpengalaman membutuhkan waktu paling lama 2 jam (merakit antena), namun itu belum termasuk integrasi dengan Hub station dan pembuatan pondasi.






3. Sentralisasi Manajemen Jaringan

    Dalam komunikasi VSAT diberi kemudahan dengan adanya pengontrolan jaringan yang terpusat, melalui aplikasi-aplikasi yang terintegrasi dengan perangkat IDU VSAT tersebut.
 


4. Mencakupan wilayah pedesaan dan wilayah berkembang
    Jika kita menggunakan VSAT, berarti kita mampu menciptakan komunikasi hampir 1/3 wilayah bumi, wow kan. Ini dikarenakan satelite yang mampu mencakup 1/3 wilayah bumi, berarti antena kita selama masih dalam lingkupan satelite tertentu maka kita bisa menciptakan koneksi komunikasi. Komunikasi VSAT juga sangat bagus di lokasi berbukit ataupun lembah, dikarenakan sistem transmisinya melalui satelite.

 Sepertiga wilayah Bumi
 
5. Data rate yang relativ lebih tinggi dan langsung ke pengguna di mana saja.

    Komunikasi VSAT mampu mencakup dengan data rate yang tinggi dan mampu menyediakan layanan sekelas 3G dan Video Conference.


7. Kemampuan dalam multicast.

    Komunikasi VSAT mampu melakukan multicast dengan sistem yang diberi nama Point to Multipoint, satu Hub dengan banyak Remote.

Topologi VSAT Point to Multipoint


Tidak ada komentar: