Kamis, 31 Januari 2013

Ground Segment pada VSAT

Ground Segment pada VSAT

Pada sistem komunikasi VSAT terdapat 2 bagian penting yaitu Ground Segment dan Space Segment, kali ini Saya coba ulas mengenai Ground Segment.


Ground segment meliputi perangkat RF serta antena dengan assesorisnya, berikut penjelasan mengenai 2 hal tersebut.

1. UP/DOWN Converter, memiliki 2 fungsi yaitu sebagai Up Converter untuk mengkonversi freq IF ke RF dan sebagai Down Converter untuk mengkonversi freq RF ke IF.

Posisi Converter saat terpasang di antena VSAT


2. SSPA (Solid State Power Amplifier), berfungsi untuk menguatkan sinyal RF dari UP Converter.


Tampilan SSPA saat terpasang


3. LNA (Low Noise Amplifier), berfungsi untuk menguatkan sinyal RF dari satelite yang kemudian diteruskan ke DOWN Converter.


Posisi LNA yang terpasang pada antena VSAT


4. Modem (Modulator Demodulator), berfungsi untuk memodulasikan sinyal baseband kedalam spektrum intermediate frequency dan mendemodulasikan sinyal intermediate frequency menjadi sinyal baseband serta menyediakan error correction, dengan proses pengkodean (coding) yang sesuai.

5. BUC, berfungsi seperti gabungan antara SSPA dan UP Converter yaitu mengkonversi frekuensi L-Band menjadi RF dan kemudian menguatkan signal tersebut untuk diteruskan ke satelite

6. LNB, berfungsi seperti gabungan antara LNA dan DOWN Converter yaitu menguatkan signal dari satelite kemudian mengkonversi frekuensi C-band menjadi L-Band frekuensi

BUC dan LNB digunakan untuk sistem L-Band, sedangkan Converter, SSPA dan LNA untuk sistem transceiver.

7. Reflektor, berfungsi untuk merefleksikan sinyal dari Feedhorn untuk diarahkan ke Satelite maupun sebaliknya.

Tidak ada komentar: