Selasa, 04 Juni 2013

Contoh Soal Program Linier | Metode Simpleks (1)

Kali ini ane coba ngerjain soal latihan buat UTS Matsis besok, bentuk soalnya kurang lebih seperti ini " Selesaikan Program Linier berikut ini dengan metode Simpleks,
   Maksimumkan : Z=X1+X2
   Batasan :
   X1+5X2 ≤ 5
   2X1+X2 ≤ 4
   X1,X2 ≥ 0

1. Langkah pertama coba ubah bentuk soal diatas menjadi bentuk baku, perhatikan gambar dibawah ini,


Pada bagian atas gambar merupakan bentuk awal dari soal yang akan kita kerjakan, kita sebut dengan bentuk umum.
Kemudian pada point 1 digambar, yaitu langkah membuat bentuk umum menjadi bentuk baku yang dibutuhkan untuk perhitungan kita selanjutnya, caranya dengan menambahkan variable slack (S1 dan S2), tanda + pada variable slack berarti pertidaksamaan tersebut menggunakan tanda kurang dari sama dengan ( <= ).

2. Lengkah berikutnya, setelah mendapatkan bentuk baku dari soal maka kita pindahkan kedalam bentuk penyelesaian tabel, lihat gambar dibawah ini.


berikutnya setelah kita membuat bentuk penyelesaian tabelnya, selanjutnya kita tentukan kolom pivot, baris pivot dan otomatis akan menentukan elemen pivotnya. Caranya adalah kembali lagi ke soal, yang diperintahkan disoal adalah "memaksimumkan", maka kita cari elemen paling negatif dari semua elemen yang ada, didapat elemen (-1). Karena kembar kita bisa menentukannya sembarang. Saya memilih elemen (-1) yang terdapat pada kolom X2 (digambar ditunjukkan dengan tanda panah). Setelah itu kita temukan nilai rasio dengan membagi tiap elemen pada kolom Solusi dengan tiap elemen pada kolom pivot (X2), contoh : 5 / 5 = 1 (letakkan pada kolom paling kanan), dan 4 / 1 = 4. Untuk nilai negatif dan 0 diabaikan saja, gak usah dihitung.
Setelah sudah menemukan nilai rasio, maka pilih nilai rasio yang paling kecil, yaitu 1 yang terdapat pada baris S1, maka baris S1 menjadi baris pivot, dan otomatis elemen 5 merupakan elemen pivot.
Perlu diketahui, kolom pivot yaitu variable masuk dan baris pivot merupakan variable keluar. Nanti akan dijelaskan dipostingan berikutnya.

Ok, lanjut ke postingan berikutnya.. :)

Tidak ada komentar: