Sabtu, 20 Oktober 2012

Mandi oh Mandi

Hal yang satu ini seringkali dipermasalahkan sama Spv ane, temen kantor dan juga temen kampus ane, yaitu masalah MANDI, ane perjelas "mandi", kenapa mandi. Mereka kira ane kekantor, kampus atau manapun gak pake mandi, padahal ane selalu mandi kalo mau berangkat kerja atau kuliah.

Komentar Spv atau temen saat ngeliat ane pasti bilang "lu mandi kg" atau "mandi donk ronn",, haduhhhh. Ane perjelas, ane selalu mandi kok klo mau ngantor atau kuliah, mungkin karena ane naek motor pastinya pake helm donk, jadi rambut agak lepek dan berantakan :), jadi keliatan kayak kg mandi kali yaa.. :D

Sempet terpikir tentang mandi, emang penting yaa ?? apa sih kehebatan mandi ??... Langsung ane googling aja tentang mandi. Sekalian buat bahan pencerahan Spv ane (Soalnya sebenernya dia yang jarang mandi, keliatan dari bajunya yg kaga pernah ganti :D).

Ok dimulai dari apa itu mandi. Definisi mandi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah membersihkan tubuh dengan menggunakan air dan sabun dengan cara menyiramkan, merendamkan diri dalam air (jgn minyak tanah yakk ntar melar :P), dsb. Ohh jadi yang cuma nyiram air tanpa pake sabun bukan mandi namanya, palagi yang cuma cuci muka :D,, trus seberapa sering sih kita harus mandi? sebenernya 2x kali sudah cukup, 3 lebih baik, tapi waktu mandi bisa dibagi dalam beberapa waktu, yaitu :




1.      Mandi sebelum Sholat Subuh. 
Mandi sebelum waktu subuh tiba akan membuat badan kita lebih sehat dan awet muda. Para Nabi dan Rasul biasa menghidupkan waktu fajar dengan segala aktivitas ritual. Fajar maksudnya jauh waktu sebelum matahari terbit. Mereka meraih kesehatan dengan banyak mendekatkan diri pada Illahi dan termasuk pula kebiasaan mandi dikala fajar. Menurut penelitian, makin pagi air yang kita gunakan maka kandungan O3 yang terkandung didalamnya adalah lebih  besar, dan O3 ini mengandung khasiat yang menakjubkan bagi tubuh bila digunakan untuk keperluan mandi pagi yaitu pada saat fajar.
2.      Mandi setelah Sholat Shubuh
Hampir sama seperti mandi sebelum subuh, cuma kurang seger aja kali yakk, soalnya kandungan O3nya sudah berkurang.
3.      Mandi sebelum siang sesudah subuh.
Medianya berbeda, yaitu dengan hamparan sinar matahari pagi, wuihhh. Banyak khasiat yang kita dapatkan jika kita bermandikan sinar matahari pagi, yaitu :
·         Merangsang tubuh untuk menghasilkan vitamin D
·         Sinar matahari bisa merangsang produksi serotonin (neurotransmitter di otak yang mengatur suasana hati).
·         Sinar matahari melawan dan mengurangi depresi karena melepaskan endorphin.
·         Meningkatkan sirkulasi darah.
·         Bermanfaat untuk kulit.
·         Mengurangi risiko kanker.
·         Memperkuat sistem kekebalan tubuh.
·         Mencegah diabetes.
·         Sinar matahari meningkatkan produksi melatonin yang dibutuhkan agar kualitas tidur membaik.
·         Sinar matahari baik untuk meningkatkan nafsu makan.
4.      Mandi Sore atau sebelum Sholat Maghrib
Sebenernya agar kita tidak mandi hingga lewat maghrib, soalnya kurang baik untuk kesehatan. Ada yang bilang mandi sore dapat mempercepat pertumbuhan.
5.      Mandi Malam
Mandi malam seharusnya dihindari, tetapi mandi malam belum ada yang membuktikan kalau bahaya untuk kesehatan, namun alangkah baiknya kalau mandi malam menggunakan air hangat, karena jika menggunakan air dingin dikhawatirkan terjadi vasospasme pada pembuluh darah yang bisa saja berakibat macam-macam, seperti serangan jantung koroner.

Intinya kita masih tetap mandi, walaupun bangun telat, atau pulang kerja sore. Mandi kan bisa pake air hangat dan dingin, apa sih bedanya dari keduanya untuk kesehatan ?


Manfaat mandi air dingin :

1. Mandi air dingin akan mendinginkan pikiran Anda setelah seharian bekerja keras di kota yang panas. Anda harus tahu, mandi dengan air dingin dapat membantu meningkatkan metabolisme, serta mengatur kadar asam urat dalam tubuh Anda.
2. Kesuburan pria juga bisa terpengaruh dengan mandi air dingin, karena kondisi panas tubuh tak baik untuk testis dan berpotensi menurunkan jumlah sperma.
3. Mandi air dingin juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga terbebas dari racun di dalam tubuh.
4. Untuk meningkatkan sel darah putih yang memberikan kekebalan pada tubuh.
5. Agar tak mengalami cidera usai berolahraga, sebaiknya Anda mandi menggunakan air dingin. Karena otot yang tegang dan panas akan rileks jika terkena air dingin.
6. Mandi air dingin juga bisa mengurangi nyeri kronis, mengurangi nyeri tubuh, meningkatkan kesehatan rambut, serta meningkatkan fungsi ginjal. Bahkan dipercaya dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan, serta menenangkan kulit dan mengatur sistem saraf otonomik.(SHA)


Manfaat mandi air hangat :

1. Meningkatkan sirkulasi
Air hangat dapat merawat rasa sakit pada otot dan persendian yang disebabkan oleh artritis, otot sobek, dan kelelahan.
2. Membersihkan kulit
Pori yang tersumbat dapat menyebabkan blemish dan penumpukan toksin pada kulit. Air hangat akan membuka pori, membuatnya mudah untuk dibersihkan, dan segala kotoran pun terlepas.
3. Pemanasan sebelum latihan
Mandi air hangat pada pagi hari adalah cara efektif untuk memanaskan tubuh sebelum olahraga pagi.
4. Menghilangkan leher dan bahu yang pegal
Selain dipijit, mandi air hangat bisa untuk mengurangi leher dan bahu yang pegal dan kaku.
5. Meredakan batuk
Uap dari air hangat dapat melegakan dahak dan menyingkirkannya. Dahak menyebabkan batuk atau tenggorokan nyeri.
6. Mengurangi stres dan insomnia
Mandi air hangat adalah penenang alami. Jika Anda sedang stres atau kesulitan tidur, mandilah air hangat selama 10 menit untuk menenangkan tubuh, pikiran, dan saraf.
 
Semoga Spv ane sadar akan pentingnya mandi,, aamiin :D



Sumber :

http://kesehatan.kompasiana.com/alternatif/2012/06/10/khasiat-mandi-sebelum-waktu-subuh-tiba/

http://www.gangsadar.com/2012/02/khasiat-mandi-matahari-pagi.html

http://handsome-indonesian.blogspot.com/2011/11/mandikapan-mandi-yang-sehat-dan.html

http://health.kompas.com/read/2011/04/05/09302119/Sering.Mandi.Malam.Bahayakah.

http://health.kompas.com/read/2012/08/25/15570719/Manfaat.Mandi.Air.Hangat

http://health.liputan6.com/read/404549/manfaat-mandi-air-dingin



Tidak ada komentar: